Widget clik-now.blogspot

rss

print this page Print this page Cari & Daftar Domain Gratis Anda

Selasa, 27 Oktober 2009

Fungsi Organ Pencernaan tidak Boleh Terlalu Berat

Fungsi Organ Pencernaan tidak Boleh Terlalu Berat
Oleh: Bachtiar Adamy

TUBUH memiliki irama biologis yang terdiri dari siklus pencernaan, penyerapan dan pembuangan.

Justru itu fungsi organ pencernaan tidak boleh terlalu berat. Caranya melalui pemisahan makanan yang mengandung karbohidrat dengan protein hewani.

Dengan memahami food combining, kerja metabolisme tubuh
menjadi lebih efisien dan proses pencernaan lebih lancar sehingga terjadi keseimbangan dalam tubuh.

Seperti dijelaskan Wied Harry Apriadji, pakar nutrisi dan makan sehat alami, food combining pada dasarnya merupakan pola makan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh.

Alumnus Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga (GMSK) IPB Bogor ini berbagi pengalamannya melalui presentasi tentang penerapan food combing bagi kebutuhan menu sehari-hari.

Dalam seminar Food Combing bertopik "Makan Enak Tapi Sehat" yang digelar CNI Cabang Medan, Minggu pekan lalu, Wied mengaku pernah memiliki kadar trigliserida yang sangat tinggi. Keluhan pusing sebelah kerap dirasakannya sehingga sering bolos kerja.

Tubuhnya juga rentan terhadap flu, masuk angin, kedinginan dan bersin-bersin setiap bangun pagi. Namun berkat ketekunannya menerapkan pola makan food combining, kadar trigliserida darahnya berangsur turun dari 440 mg/dl menjadi 160 mg/dl dan tidak pernah melonjak.

"Awalnya saya kurang menaruh perhatian terhadap food combining. Namun, setelah mendalami sistem biokimiawi dan proses metabolisme tubuh, food combining rasional dan ilmiah", jelas Wied di hadapan ratusan peserta seminar.

Semakin sulit organ tubuh mencerna makanan, semakin banyak pula energi terbuang. Itu sebabnya bila perut terlalu kenyang, darah tertumpuk di perut sehingga energi terfokus di perut. Bahkan kalau sering meng-konsumsi lemak daging, organ tubuh seperti pankreas cepat rusak.

Membantu

"Namun sayur pahit dapat membantu organ pencernaan seperti daun pepaya dan lain-lain", jelas Wied Harry Apriadji yang telah menulis lebih dari 50 judul buku nutrisi dan masakan sehat alami.

Dia menyimpulkan food combining berbeda dengan diet penurunan berat badan. Prinsip yang digunakan dalam food combining adalah dengan men-hitung berapa (makanan) yang masuk, yang bisa dicerna dan diserap.

Pada dasarnya food combining merupakan pola makan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh. Itu sebabnya makanan yang mudah dicerna dikonsumsi di pagi hari. Makanan yang sulit dicerna dikonsumsi di siang hari.***

Artikel Yang Berhubungan(Related Post)



Widget by Clik here

0 komentar:


Posting Komentar

Terima Kasih Atas komentarnya.

Gabung Disini Yuk, Tekan FOLLOW trus Masukan Email Saja Lalu Login

Pasang Iklan Disini

.:: Translate To Your language ::.


ShoutMix chat widget
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
Terima kasih atas kunjungannya, mohon dapat memberi kritik dan saran clik here

.:: Login Your Facebook ::.

.:: KUMPULAN BLOG ::.

.:: Get Link On FaceBook ::.

* Pasang Iklan Anda Disini Clik Here